God sent two angels for us, makes our life always be more happily and more beautiful likes rainbow that put in our heart. Lilypie 4th Birthday Ticker Lilypie 2nd Birthday Ticker

Jumat, 29 Februari 2008

Kronologi kejadian tgl 16 Februari 2008

Kejadian tgl 16 Februari, aku mengusir BS Nasiha dr rumahku dipicu oleh kejadin tgl 8 Februari saat aku mendengar dia membentak ASe padahal saat itu aku berada 3 unit jauhnya plus terpisah tangga dari unit apartemenku... dia baru berhenti membentak saat aku membuka pintu depan unit apt-ku... lalu pada tgl 9 Februari pagi, seblom aku brkt kerja aku dngar dia ngomelin ASe di kamar, aku agak lupa tp nadanya membuat aku sakit hati seperti aku gak bayar dia aja untuk jaga anakku dan masih disambung omelannya ke ASe : "rewel bgt siy", tepat di hadapanku dengan nada yg sangat menyebalkan di telingaku.... saat itu aku bertekad untuk cari asisten baru... tp msh ada niat untuk memberhentikan dia baik2, kasi pesangon 100 rb
Tgl 9 Feb itu juga, Nasiha pergi keluar lebih dr 1 jam tanpa pamit pada suamiku yg di rumah kalo hr sabtu, dan ninggalin 2 anak ke Asiyah tanpa ngomong apa2...

Ternyata tgl 9 ato 10 Feb, Nasiha BS yg lama mulai gak mau ngomong sama BS yg baru, Asiyah, jadi aku melihat ini sbg satu kesempatan untuk mengorek keterangan dr Asiyah, BS baru yg aku ambil dr sebuah yayasan, setelah aku memecat Watik, pembantu asal Rangkas yg ternyata jg jahat itu... kalo dr pertama aku tau pasti sudah aku pecat keduanya, Watik bekerja stl lebaran yaitu tgl 18 okt 2007 sampai tgl 11 Januari 2008

Dari Asiyah, aku tau kalo Watik pernah masukin Sam ke dalam mesin cuci... tp aku gak bs percaya bgitu aja dong... BS baru ini juga crita, kalo suatu hari dia sedang nyuapin Sam makan, tp Sam makannya lama diemut dan rewel sambil nangis gitu, sm Nasiha dibilang : " iihhh gak tahan aku liat Sam" trus Sam dibawa ke kamar mandi dan diguyur air...
Pernah Asiyah liat pipi Sam merah, stl dia selesai mandi... mungkin ditampar sm Nasiha, tp dia bilang gak tau juga karena dia gak liat sendiri tp knapa pipi bs bgitu merah krn dia gak dengar Sam jatuh... trus banyak orang yg tinggal di unit2 lain apartemen komplek ini atau pembantu bilang ke Asiyah kalo Watik dulu suka jewer Sam...

Aku tidak langsung percaya pada BS baru ini...
Tp stelah semuanya selesai, Nasiha sudah pergi dr rumah... ternyata Sam gak pernah rewel lg kalo malem, tidurnya nyenyak banget... padahal dulu suka nangis teriak2 tiba2 kalo tengah malam buta, dan baru brenti setelah kepeluk dan kuelus punggungnya...

Tgl 14 Februari, malem jum'at... aku sedang menidurkan ASe di kamarku, kudengar pintu kamar sebelah dibanting dengan keras.... saat itu suamiku sedang di depan nonton tv
Nasiha membanting pintu... gila juga ni pembantu, ada nyonya di rumah brani banting pintu bgitu keras, kalo saat aku gak ada di rumah apa ada jaminan bahwa dia berbuat lebih baik ato malah lebih parah kelakuannya?

Tgl 15 Februari malam, aku menyuruh Nasiha menidurkan Sam di kamarku
Sam gak mau ikut dia, dan di depanku dia brani mengancam Sam : "panggil pak satpam ya"
Sam langsung mau digendong sm dia... ternyata Sam selalu di bawah ancamannya, aku br sadar saat itu...

Tgl 16 Februari, pagi jam 6.30 aku brangkat ke ktr... biasanya kalo sabtu, aku brangkatnya jam 7.30.... Nasiha sempat bertanya, pagi sekali ibu berangkat?
Aku jawab kalo ada urusan penting, sales mo brangkat ke luar kota
Jam 10.00 aku minta ijin pulang, aku cerita sm boss-ku apa yg sebenarnya terjadi dgn BS dan anak2 di rumah.... juga minta pinjam bodyguard-nya, alias preman yg sering dipake untuk urusan yg harus diselesaikan dgn jalan kekerasan...
PS : waahh maaf ya om, kalo gw bilang preman... si om ini benernya orang baik, tp orangnya gede dan suaranya jg gede serta tegas...

Kira2 pukul 11.00 aku sampe di rumah, diantar oleh om RH ini... Nasiha melihatku pulang dgn tamu, malah keluar dan pergi... aku kira mau ambil jemuran, jadi aku cuma tanya : anak2 tidur, sus?
krn saat itu emang sepi bgt, dan anak2 lg tidur....
Ditunggu 15 menit gak nongol, 20 menit msh blom nongol... akhirnya aku telfon Nasiha ke hapenya : " Sus, kamu di mana?"
Dia jawab lg ke wartel, lalu aku bilang gini : " Cepet pulang sus, aku sm bapak mau pergi dengan tamuku ini"

Tak lama kemudian orangnya balik ke unit apt-ku...
Aku langsung tutup pintu depan... Nasiha heran, langsung aku bicara : " Sus, aku mau tanya apa yg sebenarnya terjadi di rumah ini? Aku udah lama curiga ya sama kamu, kalo kamu gak ngurus anak2 dengan bener... apalagi waktu si Watik msh kerja sini"
Nasiha menjawab dgn nada menantang : "Trus ibu maunya apa? mau dikeluarin ya udah keluarin aja"
om RH langsung membentaknya : " Kamu itu ditanya baik2, malah jawabnya nantang. Duduk kamu di situ"
Dia tetap bandel berdiri, gak mau duduk di bawah....

Aku agak lupa om RH bicara apa, tp aku menyela : Biar aku yg mulai dulu om, aku yg bertanya dulu...
Lalu aku bertanya pada Asiyah : " Sus, jawab yg jujur, apa yg jadi pertanyaanku... kamu mau kan jadi saksi apa yg terjadi di rumah ini selama 1 bulan kamu kerja di sini?"
Asiyah jawab : " Jujur, Bu... disumpah pake Alquran juga mau, susah rejeki susah jodoh"
Aku berpaling ke Nasiha dan berkata : " Itu bodohnya kamu, knapa mendiamkan teman kerjamu, knapa gak mau ngomong sm dia? Skrg aku tanya, kalo kamu mandi, ASe kamu titipin gak ke dia? Kalo kamu tinggal gitu aja gmn tanggung jawab kamu, kalo misalnya ASe jatuh? Buat apa aku punya BS 2 orang untuk jaga anak2? kalo kerja gak rukun gitu, saling diam?

Nasiha jawab : Lha kan dia udah gede tua, tau kalo ada bayi ditinggal dah bisa merangkak... tau diri dong, jagain...

Aku hanya bilang : kamu tuh bener2... skrg knapa kamu diemin dia?
Nasiha jawab : malem2 trima telfon... orang kan mau tidur, ganggu aja... bsk kan musti kerja, tau diri dong kalo trima telfon...

Yaela ni orang bener2 gak tau diri yah, dulu waktu pertama kerja padaku si Nasiha ini jg suka telponan malem2... adekku jd terganggu dan gak bisa tidur, padahal bsk hrs kerja...
Benernya dl aku dah males pake Nasiha ini, mau kupulangin ke yayasan.... tp adekku bilang, harusnya aku sabar, mau cari yg gimana lg? Udah ganti BS dan pembantu sampe 8 x.... Nasiha kan cantik, orangnya bersih, bisa bahasa inggris...
Adekku mengalah, dan pergi dr rumah, katanya dia kost aja...
Aku mengungkapkan hal ini sm Nasiha, " Aku tuh percaya sm kamu, dah lama kamu kerja... knapa kamu gak ngomong baik2, jadi aku bisa kasi tau Asiyah"

Lalu aku tanya ke Asiyah : " Apa yg pernah kamu dengar dari mulutnya, saat dia dan Watik kerja di sini, apa yg dilakukan pada Sam?"
Asiyah jawab : " Katanya Sam pernah dimasukin ke dalam mesin cuci "

Aku berpaling ke Nasiha : " Tuh bener? Siapa yg melakukan, kamu ato Watik?"

Nasiha jawab : " Itu Watik, kalo ibu mau tangkap Watik, yaa tangkap aja serahin ke polisi, rumahnya ada dan kakaknya juga ada kerja di blok G "

Dapat kan pengakuannya, bahwa Sam pernah dimasukin ke dalam mesin cuci....
Ibu2 sekalian, pembaca blog ini, aku tidak menuntut lg secara detail kronologi masuk mesin cuci ini.... krn percuma cuma ada 1 saksi dan gak ada hidden camera, jadi drpd aku sakit hati lebih dalam, maka aku berhenti dengan pertanyaan soal masuk mesin cuci ini...
Ya Tuhan, aku hanya berpikir bahwa Sam teriak2, mesin cuciku 2 tabung, dimasukinnya pasti ke dalam tabung cuci dan mungkin ditutup.... Tuhan, di mana aku, maminya Sam? saat anakku nangis menjerit.... sungguh sakit hatiku, memikirkan ini!

Pertanyaan lain seperti guyur air, saat Sam susah makan gak diakuinya dan dibantahnya bahwa kan Sam kotor jadi dia mandiin... aku hanya bilang, yg suapin kan Asiyah knapa kamu yg mandiin? Nasiha hanya diam...

Lalu aku bertanya soal aduan Asiyah, bahwa ada tamu Nasiha yg gak sopan datang ke rumah, cewek namanya Sari, aku tahu orang ini dulunya bekerja di blok E, BS juga
Tp aku gak kasi liat bahwa Asiyah mengadu...

" Skrg aku mau tanya, ci E pernah liat ada cewek datang ke sini... makan, angkat kakinya ke atas sofa sambil nonton tv... bener ada sus? siapa namanya?"
Asiyah menjawab namanya Sari.... lalu aku berpaling ke Nasiha : " Ngapain susternya si Dillon ke sini?"
Nasiha jawab : maen.... aku tanya brp lama.... dia jawab : sebentar aja
Lalu aku tanya ke Asiyah : Jam brp Sari datang, pulang jam brp?
Asiyah jawab : Jam 2 datang, jam 5.30 sore pulang

Tuh kan lama gitu, dengan cara gak sopan pula kaya nyonya rumah....
Aku bilang ke Nasiha, lama gitu kamu bilang sebentar, yg bener aja... dikiranya rumahku tempat pelesiran kali yee.... bener2 sebel deh, jadi selama ini emang si Nasiha ini nyonya rumahnya, aku dan suami cuma nginap hotel aja nih... hhuuuhhh gemes bgt dengernya
Nasiha cuma bilang minta maaf kalo salah.... cuma untuk hal sepele gini! yg dia minta maaf

Trus soal bentak ASe, aku bertanya : Knapa bentak ASe, gak seneng sm aku maminya... knapa ASe yg jadi korban, dia kan blom tau apa2? Kalo gak seneng sm aku knapa gak bilang brenti aja baik2.... aku tuh percaya sm kamu, bener2 aku kecewa sm kamu... kalo kamu bilang brenti baik2 sejak awal, aku kasi kamu pesangon... tanpa aku tau kalo kamu gak seneng sm aku... tp kalo kejadiannya kayak gini kan yg rugi kamu sendiri

Nasiha menjawab : ya mungkin itu saya lg pusing, banyak pikiran jadi emosi bentak2 ASe krn dia rewel.... ibu aja pernah bentak2 ASe juga

Aku langsung sebel bgt dengernya, dengan nada tinggi ku bilang : " Kamu tuh bener2 keterlaluan... aku yg hamil 9 bulan, anakku sendiri yaa terserah aku mau kumarahin, kan aku punya batas sendiri, aku ibunya... lha kamu siapa? aku bayar kamu untuk jaga anakku, enak aja kamu bentak2 anakku, aku gak trima..."

Nasiha hanya diam.... om RH bertanya, jadi gimana ini urusannya mau damai atau ke polisi?

aku jawab : Om, hanya ada saksi 1, gak ada bukti.... susah juga buat aku, kalo ada rekaman kamera, ada buktinya, pasti dah ku jeblosin ke penjara aja.... udah deh lepasin aja, suruh pulang!

**********************************************************

Puji Tuhan, semua sudah berlalu.... anak2ku, malaikat2 kecil.... mami janji untuk jadi ibu yg sabar, walaupun kadang2 anak2 terlalu manja tp mungkin ini kesalahan mami yg sibuk keja jadi anak2 pengen deket saat ada kesempatan....

Seorang ibu pasti punya batas kalo memarahi anaknya, tujuannya untuk mendidik anak2 agar jadi baik, jadi anak yg berguna buat sesama.... seorang ibu tidak akan memasukkin anaknya ke dalam mesin cuci untuk menakuti, tidak akan mengguyur anaknya kalo gak mau makan.... dan yg aku ketahui setelah Nasiha pergi, seorang tetangga bilang kalo pembantunya tahu bahwa Sam dikurung di kamar mandi ato di kamar sampe keringatan kalo gak mau makan.... A'ie yg tinggal di unit depan juga pernah denger Sam nangis kenceng gak brenti2 tp saat dia ketuk2 pintu katanya gak dibukain.... oh, Tuhan, aku merasa bersalah dan sedih atas semua kejadian ini, berikanlah kesabaran dan ketelatenan untuk merawat titipan-Mu ini...

Pengalaman ini adalah sebuah pelajaran berharga.... jangan pernah tinggalkan anak dengan pengasuhnya, BS ato pembantu, sendiri di rumah tanpa pengawasan orang tua atau saudara, apalagi kalo anaknya msh keil dan blom bs ngadu.... jangan biarkan permata hati kita disakiti orang lain, susah payah mengandungnya 9 bulan dan menyusuinya, tidak berguna dapat uang lebih banyak kalo anak2 terlantar.... Tuhan sudah mencukupkan sebelum kita meminta

Ayat ini diberi oleh temanku : Berkat Tuhan membuat kita kaya, susah payah tidak akan menambahnya..... Amin.

5 komentar:

l3l1 mengatakan...

ya ampun deb... kalo gue siy waktu ditanya2 itu udah gue cakar dan gue gampar 'kali.. klo ngak... bisa ngak tidur 40 hari 40 malam karena mati kegemesan.

Debby mengatakan...

nenek!! lu sndr bilang kalo gw ngomongnya kasar, may be suster ge sakit ati... lah ini gw sll baik2, hasilnya kayak gini... BS gw yg baru aja, skrg belagu bgt tuh... makanya gw mo ganti pake pembokat ajah, lebih murah... lha gw dah di rumah ni

Michelle Angelee mengatakan...

Salam kenal nih Deb....dapet crita dari Leli nih soalnya takut juga klo ternyata Mici ku juga diperlakukan dmk..tapi moga2 sih gak bgt...
Serem & sedih baca ceritanya... moga2 kedepannya dapet BS yang bisa diandalkan ya Deb... kita sama2 berdoa...

She's mengatakan...

Salam kenal Deb, saya siska, ibu baru. Anakku hampir 2 bln, pake BS. Skrg yg kedua. Yg pertama pengalamannya spt kamu. Kurang ajar, celamitan ama suamiku n ngatur2 nyonyanya. Aku ambil dari yys Zr Leony, namanya Paryati (peringatan nih buat yg lain, jgn mau sama dia). Ngakunya senior, tp ambil upil anakku pake minyak telon (??!!). Yang skrg agak mendingan. Lbh kalem n manut. Tapi ga ada yg sempurna. Semula dia agak sungkanan, tp lama2 mulai belagu. Dia jg sering tidur2 di ranjangku, dg alasan mo nidurin n main sama anakku. Kadang dilema jg, takutnya kalo kita marahin dia, nanti dia jahat sama anak kita. Jd kl masih wajar n bisa ditolerir aku diam aja. Sabar. Pernah kepikiran mo berenti kerja. Gmnpun emang yg paling baik ngasuh anak ya ibunya. Semoga kita diberi ketabahan n kesabaran ya :) GBU

A long and winding road mengatakan...

Hi ci debby salam kenal.
Aku jg punya toddler umur 2 tahun, selalu pake bs karena ortu ku jauh, mertua ga bantu. Tapi akunya juga stay at home mom, dan aku ga pernah tinggalin anakku sama sus nya aja di rumah. Rumahku pun pake cctv dan baby monitor. Denger cerita seperti yg terjadi ke sam bikin aku sakit hati sendiri, ga kebayang kalo anakku yg digituin gimana?

Ci, boleh tanya kenapa suster gila itu ga cici polisikan? Cc ada saksi 1, sebelum ngobrol sama si sus gila itu juga kalau bisa direkam diam2 spy bukti pengakuannya ada. Polisikan ci, supaya jadi pelajaran untuk suster2 yang lain
Kalaupun tidak ada bukti, lakukan sesuatu untuk membalas si suster ini. Supaya jadi efek jera bagi suster lainnya. Terlalu sering aku dengar cerita suster jahati anak, majikan langsung kembaliin ke yayasan. Lah dia gak dihukum gitu? Jujur kalo anakku yg ketauan digituin, aku nggak bakal inget penjara sih ci, balas dulu.

Please other mommies, kalau bs atau suster atau nanny kalian jahat sama anak kalian, do something. Biar jadi pelajaran bagi suster jahat lainnya.